Ask Me

Terjebak di Jalan Sabang

Siapa yang tahu di tengah pusat kota dengan banyaknya gedung tinggi menjulang, tidak lain tidak bukan adalah daerah Jakarta Pusat, ada satu daerah yang berhasil menarik perhatian banyak orang (termasuk wisatawan asing) untuk bersantap mulai dari pagi hingga malam. Ya, perkenalkan Jalan Sabang. Jalan yang tidak pernah sepi. Selalu penuh dengan mobil untuk mencari tempat parkir, penuh dengan tempat makan, dan pastinya penuh dengan orang-orang yang berlalu lalang. Kalau bukan karena lelaki yang saat ini menjadi pemilik hati saya, saya tidak mungkin tahu dan bisa terjebak di Jalan Sabang ini.


Sepanjang Jalan Sabang yang saya lewati, tidak ada satu petak kosong pun yang luput dari perhatian saya. Bagaimana tidak? Lewat di sebelah kiri jalan, wangi kuah soto di salah satu warung tenda berhasil membuat saya teralih. Baru jalan beberapa langkah, ada satu tempat makan dengan menu tradisional dan gerobak paculnya yang lagi-lagi membuat saya ingin mampir. Karena perut sudah lapar, saya langsung mencari tempat makan untuk sarapan. Kebetulan di ujung Jalan Sabang, ada tempat makan dengan dekorasi ala pecinan yang berhasil membuat saya melangkahkan kaki ke dalam, Kopi Oey namanya.


Tidak hanya dekorasi luar yang membuat saya tertarik, dekorasi dalam tempat makan pun membuat mata saya tidak berhenti untuk melihat ke sekeliling. Banyak frame foto dan lukisan menarik yang bisa membuat saya menyimpulkan senyum. Ah, akhirnya saya tersadar lalu segera memesan makanan. Saya dan lelaki spesial yang mengenalkan Jalan Sabang ini langsung memesan Paket Sarapan ( Sego Ireng, Teh Hangat, Banana Cake) dan satu Roti Taloea Bukit Tinggi dengan Telur Ayam Kampung, terakhir tak lupa pesan Ijs (baca: Es) Koffie Soesoe Indotjina.


Setelah sarapan, hujan turun cukup lama. Ya, kami terjebak hujan, payung pun lupa dibawa. Akhirnya kami hanya bisa masuk ke tempat makan yang ada tepat di sebelah Kopi Oey, namanya Sabang 16. Kafe kecil ini juga punya interior yang tak kalah menariknya dengan yang di sebelah. Kaca di sepanjang dinding, lalu di tempat smoking room, dinding yang dicat dengan warna dan lukisan apik. Nampaknya pemilik kafe ini mengidolakan Presiden pertama kita, Soekarno. Ada banyak frame foto Soekarno juga di pinggiran kaca. Jangan harap menemukan menu makanan berat disini, semuanya hanya makanan untuk teman ngobrol. Saya rekomendasikan Roti Srikaya Panggang yang manis untuk dicoba. Es Krim Medan dengan roti dan satu scoop ice cream juga enak untuk dicoba. Karena cuaca hujan, ya saya hanya bisa pilih makanan ringan hangat seperti Sosis & Kentang Goreng.


Hujan cukup lama turun, nampaknya hampir seharian. Setelah hujan akhirnya kecil, kami menerobos keluar mencari tempat berteduh. Suara musik dari kejauhan mengundang saya untuk datang. Akhirnya kami masuk ke toko musik terdekat (Duta Suara Musik) untuk melihat cd album musik. Tidak hanya toko musik yang ada di Jalan Sabang, di luar juga banyak yang berjualan dvd film dengan harga murah. Malahan juga ada department store Robinson buat yang mau belanja. Apalagi? Money changer untuk wisatawan asing yang mau menukar uang juga ada. Selebihnya sih tetap tempat makan ya.

Hujan sempat berhenti lalu kami mampir ke daerah sebelah Jalan Sabang, Jalan Jaksa. Jalanan yang penuh dengan tempat penginapan dan lounge untuk para wisatawan. Jalan aspalnya terlihat dihiasi dengan lukisan namun sudah hilang, mungkin karena hujan dan lalu lalang kendaraan di atas jalan.


Kembali ke Jalan Sabang untuk mencari makan siang, akhirnya kami mampir ke Bofet Maknyus Rumate. Saya tak sangka tempat makan ini kepunyaan Pak Bondan, si penikmat kuliner populer. Tempat makan ini menyediakan sebagian besar menu makanan Minang. Jadilah kami memesan Soto Padang + Nasi dan Dendeng Baraciak + Nasi. Minumnya Es Tjampolay yang rasanya enak dan segar banget.


Duduk sampai sore, hujan masih juga mengguyur Jakarta. Malam mulai tiba, penjual makanan di pinggiran mulai menampakkan batang hidungnya. Penjual nasi goreng mulai berjejer, wanginya pun mulai mengikuti angin dan sampai ke hidung saya.

Setelah bubar dari gereja, kami tetap menyusuri Jalan Sabang untuk mencari makan malam. Sate Kambing & Ayam Jaya Agung yang ada di belokan pertama Jalan Sabang mulai ramai. Kesanalah akhirnya tujuan makan malam kami.


Ini namanya benar-benar terjebak di Jalan Sabang. Terjebak dalam hujan, centang. Terjebak dalam puluhan tempat makan enak, centang. Terjebak bersama orang tersayang, centang. Dan saya tidak menyesal telah terjebak di sini :)

Saya juga tidak menyesal telah berpartisipasi dalam "EAT and Travel With B Blog" Competition [4].
Share momen menarik kalian dan jangan lupa ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Untuk lengkapnya, kalian bisa klik poster di bawah ini :

 http://s.bblog.web.id/c/Jh8p80

Cara berpartisipasi?

Blogger harus membuat 1 post yang berisi mengenai:
  • Pengalaman travel atau kuliner yang paling berkesan buat kamu
  • Lengkapi blog post-mu dengan foto atau video semenarik mungkin
  • Bikin cerita dalam blog post kamu dengan jalan cerita yang sangat menarik
  • Mention tentang B Blog dan jangan lupa untuk ajak teman kamu untuk bergabung ke kompetisi ini ya
  • Jangan lupa untuk tampilkan poster proyek kompetisi ini di blog post kamu


Aturan Main?
  • Semua kategori blogger dapat mengikuti kompetisi ini.
  • Kamu harus merupakan B Blog member untuk dapat berkompetisi
  • Like and share poster kompetisi ini yang ada di https://www.fb.com/BBLOGID
  • Follow akun sosial media B Blog yang ada di Facebook, Twitter, dan Instagram
  • Share blog post kamu dan poster proyek/ teaser kompetisi ke sosial media dengan mention dan tag B Blog (hashtag :  #bblogblogger, #bblogproject, #bblogeatandtravel)
  • Cantumkan tag dan url yang ada di halaman B Blog kamu ke halaman HTML pada saat menulis blog
  • Pemenang harus bersedia menuliskan 1 post mengenai kemenanganmu
  • Perhitungan untuk page views dihitung selama 1 minggu mulai hari kamu posting


Hadiah?

1st Best Review : Rp 2.000.000,-

2nd Best Review : Rp 2.000.000,-
  • Pemenang 1 dan 2 dipilih langsung oleh juri BBlog berdasarkan pertimbangan storyline, attractiveness serta jumlah unique user 

The Highest Unique Visitor : Rp 1.000.000,-
Additional Prize : Voucher MAP Rp 100.000 untuk 50 orang pemenang

Sponsor oleh :

Kumickey Littlecloset
Facebook : https://www.facebook.com/KUMICKEYSHOP?ref=br_tf 
Instagram : http://instagram.com/kumickeyshop

Elbelle Shop
Facebook : https://www.facebook.com/Elbelleshoppage
Instagram : http://instagram.com/elbelleshop

My Rasl
Twitter : https://twitter.com/MY_RASL
Instagram : http://instagram.com/my_rasl

Poupee Shop
Instagram : http://instagram.com/poupeeshop

SHARE ON:

Hello guys, I'm Marchella. I'm a 24 years old part time blogger from Indonesia. I'm also a food lovers. I love everything delicious to see.

3 comments:

  1. Nice.. Harap saya akan sampai ke Jakarta nanti..

    ReplyDelete
  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete
  3. Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

    ReplyDelete